TERPUJILAH PARA BUDDHA, PARA BHODHISATTVA MAHASATTVA, SERTA PARA ARYA NAN BIJAKSANA..._/\_ NAMO BUDDHAYA _/\_


Hidup bukan untuk berharap, memohon, mengeluh.. Tapi hidup untuk berlatih, berusaha, berdoa dan teruslah berbuat baik.
Biarlah para mahluk suci menilai, melihat ketulusan dan keikhlasan dalam kebaikan yang kita lakukan. Selalu bersyukur saat para Buddha, Bodhisattva, Dewa, manusia atau mahluk suci lainnya memancarkan Welas Asih-nya kepada kita.

W E L C O M E ( E H I P A S S I K O )

Monday 30 December 2013

MEMAHAMI TRADISI MAHAYANA (01) : Ajaran Agung dan Sempurna



Ajaran Agung dan Sempurna


Dewasa ini, kita dapat melihat bahwa semakin banyak orang–orang di dunia mulai belajar Buddhisme (ajaran Buddha). Walaupun demikian, tidak banyak dari mereka yang benar-benar memahami apa sebenarnya Buddhisme itu. Oleh karena itu, hal ini sangatlah penting untuk dibicarakan. Apa sebenarnya Buddhisme itu? Kita perlu memahaminya dengan jelas. Buddhisme adalah sebuah ajaran yang agung dan sempurna, yang diajarkan langsung oleh Buddha kepada semua makhluk hidup di dalam sembilan alam kehidupan. Mengapa kita mengatakan bahwa Buddhisme adalah sebuah pendidikan? Pertama–tama, kita melihat dari cara menyebut Buddha Shakyamuni sebagai “Guru Agung” kita sebagaimana dialah yang pertama menemukan Buddhisme dan kita semua sebagai muridnya. Dari sini, sangatlah jelas bahwa antara Sang Buddha dan kita memiliki ikatan guru dan murid. Ikatan ini hanya ada di dalam proses mengajar.

Jika Buddhisme adalah ajaran, maka siapa sebenarnya Buddha? Buddha berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti kebijaksanaan dan pencerahan. Akan tetapi, kebijaksanaan yang dimaksud disini bukanlah kebijaksanaan seperti yang telah kita pahami secara luas sampai saat ini. Secara umum, yang dimaksud kebijaksanaan Buddha adalah sebuah kemampuan yang dengan luar biasa, dengan sempurna, dan dengan benar mampu untuk memahami realitas kehidupan dan alam semesta di masa yang lalu, sekarang, maupun di masa yang akan datang. Seseorang yang memahami kebijaksanaan ini disebut sebagai Buddha. Buddha Shakyamuni menjelaskan bahwa : semua makhluk hidup, termasuk kita sendiri, sejak lahir juga memiliki bibit kebijaksanaan dan kemampuan ini. Dalam hal ini, Buddhisme menganggap semua makhluk sama. Meskipun kita memiliki kemampuan yang sama, namun saat ini kita tidak mampu melihat realitas kehidupan karena kebijaksanaan dan kemampuan setiap orang berbeda.

Dalam komunitas kita, ada anggapan bahwa ada yang pintar dan ada yang tidak, ada yang memiliki kemampuan yang hebat ataupun berbakat dan ada yang kurang. Bagaimana hal seperti ini dapat muncul? Buddha menjelaskan bahwa hal ini muncul dikarenakan kita membuat perbandingan berdasarkan delusi (pandangan yang salah, khayalan). Bibit kebijaksanaan dan kemampuan kita hilang karena tertutupi oleh delusi kita, tetapi tidak hilang secara utuh melainkan hanya sementara. Jika kita mampu menyadari dan menghancurkan delusi ini, maka kita akan menemukan kembali kemampuan itu. Karena alasan inilah, ajaran Buddha mengajarkan kepada kita bagaimana cara untuk mengendalikan diri terhadap delusi dan cara untuk menyingkapi bibit kebijaksanaan dan kemampuan kita.

Sering dijelaskan dalam Sutra-sutra Mahayana bahwa Buddha tidak secara langsung membantu makhluk hidup. Jadi bagaimana caranya setiap makhluk hidup bisa menjadi Buddha? Jawabannya adalah dengan usaha dari makhluk hidup tersebut. Sang Buddha hanya membantu dengan menjelaskan realitas bagaimana kita mendelusi diri kita sendiri. Setelah menyadari hal ini, kita seharusnya dengan tekun mempraktikkan ajarannya untuk memperoleh pencerahan tentang realitas yang sesungguhnya. Kita kemudian akan menjadi Buddha. Buddha Shakyamuni dengan jelas memaparkan bahwa semua makhluk hidup bisa menjadi Buddha.

Dari hal ini, kita dapat melihat bahwa Buddhisme adalah sebuah ajaran. Bagaimanapun juga, seorang guru hanya dapat mengajarkan prinsip–prinsip dasar kepada kita, menjelaskan pengalamannya dalam praktik dan pencapaiannya, dan menyarankan metode yang bervariasi untuk membantu pencapaian kita. Sisanya bergantung pada kita. Kitalah yang seharusnya bersemangat dan tekun berupaya. Sekali kita mengerti bahwa Buddhisme adalah sebuah pendidikan, maka kita secara sadar akan menganggap Buddha sebagai guru kita. Beranjak dari hal ini, kita harus mengerti bahwa di wihara, kita tidak menganggap gambar ataupun rupa Buddha ataupun Bodhisattwa sebagai dewa yang harus disembah. Kita melakukan puja (penghormatan) kepada gambar ataupun rupa ini untuk dua alasan. Pertama, untuk mengingat dan sebagai rasa terima kasih kita atas ajarannya yang sangat luar biasa. Kita sangatlah beruntung dapat bertemu dan menerima ajarannya dalam masa kehidupan kita kali ini.

Dikatakan dengan jelas dalam baris pembukaan sutra-sutra; ”Sangatlah sulit untuk bertemu dengan ajaran ini di dalam beribu–ribu masa yang tidak terhingga/eon (kalpa).” Hutang terima kasih kita ini kepada Buddha lebih seperti sebuah pengenangan, seperti yang dilakukan suku–suku Tionghoa kepada leluhur mereka. Kita sadar bahwa tanpa leluhur–leluhur kita tidak akan ada saat ini. Alasan kedua kita memuja adalah untuk mengikuti contoh yang agung. Buddha Shakyamuni (Gautama) sebelumnya adalah manusia biasa seperti kita; kemudian dia mampu mencapai pencerahan dan menjadi Buddha. Apa yang dapat menghentikan kita untuk mencapai hal yang sama? Oleh karena itu, gambar ataupun rupang (patung) Buddha dibuat untuk mengingatkan kita agar tekun mengejar tujuan ini. Gambar ataupun rupa ini bukan sebagai dewa ataupun objek takhayul.

Di Vihara-Vihara Buddhis, gambar-gambar Buddha dan Bodhisattva memiliki banyak penampilan. Hal ini sering memicu kesalahpahaman yaitu Buddhisme [dianggap] tidak hanya sebagai agama tetapi juga penyembahan terhadap banyak dewa. Selain itu Buddha dan Bodhisattva memiliki banyak nama. Sebagai contoh, di dalam Tripitaka ada Sutra Sepuluh Ribu Nama Buddha, yang berisi lebih dari dua belas ribu nama–nama Buddha dan Bodhisattva. Mengapa ada begitu banyak nama Buddha dan Bodhisattva? Dalam sifat alamiah kita ada kebijaksanaan yang tidak terbatas, keagungan, dan kemampuan artistik yang keseluruhannya tidak dapat diwakili hanya oleh sebuah nama. Hal ini sama seperti seseorang dengan jabatan yang tinggi, kartu namanya mungkin memiliki beberapa gelar kehormatan.

Nama–nama dari Buddha mencerminkan sebuah kesempurnaan, kemurnian dan kebajikan dari sifat-alami kita. Semua nama–nama Bodhisattva mencerminkan suatu pengembangan kebajikan yang berbeda–beda. Kemampuan sebenarnya di dalam sifat-alami kita tidak terbatas, tetapi sementara hilang. Tanpa melihat secara apa adanya, kita tidak akan pernah mampu untuk melihat bibit ini. Semua Buddha dan Bodhisattwa tiada lain adalah diri kita sendiri. Ketika kita menyadari hal ini, kita akan menyadari bahwa ajaran Buddha memiliki tingkat artistik yang sangat tinggi. Sebagai contoh, pahatan dan gambar–gambar Buddha dapat diekspresikan sebagai Dharma. Memahami arti yang sebenarnya dari gambar–gambar ini akan membantu seseorang untuk memperoleh manfaat di dalam ajaran Buddha.

Jika Buddhisme bukanlah agama, mengapa Buddhisme juga bukan sebuah filosofi (filsafat)? Dalam filosofi, dikenal adanya subjek dan objek. Sedangkan dalam Buddhisme Mahayana, tidak ada perbedaan antara subjek dan objek, mereka adalah satu kesatuan. Pengertian ini sangatlah dalam dan sulit untuk dipahami. Sebagai contoh, seorang guru besar berkata, ”Gunakan emas untuk membentuk peralatan rumah tangga, semua peralatan rumah tangga berasal dari emas.” Apakah semua emas dan peralatan rumah tangga merupakan benda yang sama atau berbeda? Dari penampilan fisiknya keduanya akan terlihat berbeda. Namun, dari komposisi penyusunnya kita tahu bahwa keduanya adalah sama.

Seseorang membutuhkan pemahaman yang mendalam untuk memahami realitas dari kehidupan dan alam semesta. Seluruh Sutra–sutra Mahayana mencoba untuk memberikan pemahaman tentang konsep ini dan kebenaran sejati. Seseorang akan memiliki cara pandang yang sama dengan Buddha jika telah benar–benar mengerti dan dengan jelas mengenal kebenaran sejati. Manusia biasa seperti kita pada dasarnya telah terdelusi. Mengapa? Karena kita cenderung melihat sesuatu secara berlawanan, tanpa menyadari bahwa semuanya adalah satu dan bukan dua. 

No comments:

Post a Comment